POJOK LITERASI DESA WISATA LEREP


Budaya literasi bukanlah suatu hal yang baru, sudah banyak dari berbagai kalangan mengetahui perkembangannya sampai saat ini. Namun bagi sebagian orang, berliterasi bukanlah suatu hal yang harus menjadi kebiasaan. Oleh karena itu, banyak gerakan-gerakan yang muncul ke masyarakat untuk terus menerus menyebarkan virus literasi, salah satunya komunitas kecil kami ini.
Menurut data statistik dari The World Most Literate Nation Study, negara kita menduduki peringkat ke-60 dari total 61 negara. Peringkat yang sangat memprihatinkan bagi Negara sebesar Indonesia ini dan menurut presentase pun dari 1.000 orang masyarakat Indonesia, hanya satu orang yang rutin membaca buku.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan minat berliterasi pada masyarakat kita rendah. Pertama, belum ada kebiasaan membaca yang ditanamkan sejak dini. Seharusnya peran orang tua sangat diperlukan dalam meningkatkan kemampuan literasi anak, sehingga anak akan menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam bacaan dan membiasakan diri untuk membaca. Kedua, akses terhadap fasilitas pendidikan masih tergolong belum merata dan masih minimnya kualitas sarana pendidikan. Ketiga, produksi buku di Indonesia masih dianggap kurang. Hal ini terjadi karena penerbit disetiap daerah belum berkembang.
Literasi sendiri pada dasarnya mengacu pada kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan ini juga tidak bisa dilepaskan dari kemampuan menyimak dan berbicara. Ya, oleh sebab itu literasi tidak terlepas dari empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, membaca, berbicara, dan menulis.
Saat ini sudah banyak bermunculan inovasi dari para pegiat literasi. Salah satunya “Pojok Baca”, dengan hanya bermodalkan rak dan beberapa buku saja dan ditambah dengan pengaturan kondisi ruangan, sudah bisa menciptakan suatu Pojok Baca yang membuat kita betah untuk membaca. Pojok Baca sendiri bisa kita atur sedemikian rupa di rumah kita. Selain menambah cantik rumah kehadiran Pojok baca pun akan semakin menambah wawasan kita. Bisa juga menjadi aktivitas yang menarik untuk mengisi waktu luang, membaca juga dapat menyegarkan pikiran sekaligus rasa tenang.
Bayangkan, betapa asyiknya jika kamu memiliki spot khusus untuk membaca di rumah berupa Pojok Baca. Kita tidak perlu menyediakan ruangan khusus, cukup manfaatkan saja sudut-sudut kosong yang ada di dalam rumah untuk menghadirkan suatu Pojok Baca. Desain untuk area Pojok Baca pun tidak perlu dibuat rumit, yang penting nyaman untuk membaca. Penataan buku-buku pun kalian bisa atur sesuka hati kalian, wahh asyik ya.
Pojok Baca pun tak melulu kita buat hanya di rumah, buktinya sudah ada banyak pegiat literasi yang memulai membuatnya. Mulai dari Sekolah, Universitas, Perpustakaan di desa-desa, bandara bahkan di cafĂ©. Wah menarik sekali bukan, maka dari itu “Mulai Membaca Yuk”.
“Sebuah ruangan tanpa buku bagaikan sebuah raga tanpa jiwa” – Marcus Tullius Cicero
Desa Wisata Lerep saat ini sudah mempunyai Pojok Literasi yang berlokasi di Sekretariat Pokdarwis Rukun Santoso, di ruangan yang berdesign ala ndeso dikemas unik untuk menarik perhatian anak-anak dan remaja untuk giat membaca. Dimana selama ini mungking membaca banyak menjadi hal yang ditakuti sebagian besar anak karena mereka lebih asyik bermain HP, tapi di Pokdarwis Rukun Santoso suasana membaca akan sangat mengasyikan karena selain disuguhi buku-buku yang menarik juga dolanan anak tempo dulu. Maksud dari adanya Pojok Literasi di Desa Wisata Lerep adalah untuk meningkatkan kemauan dan semangat anak juga remaja untuk mengisi waktu luang mereka dengan membaca dan bermain yang positif sehingga bisa meningkatkan pula pengetahuan warga desa Lerep dalam berbagai bidang. Apalagi saat ini Desa  Wisata Lerep telah menjadi Desa Wisata percontohan buat desa sekitarnya dan banyak tamu yang berkunjung ke desa ini untuk study banding. Baru-baru ini Desa Wisata Lerep membuat event yang menarik buat anak-anak dari usia TK sampai SD untuk mengikuti lomba mewarnai. Lomba ini diadakan di Pojok Literasi karena selain bertujuan untuk memacu bakat anak juga untuk memperkenalkan budaya membaca yang menarik bagi anak-anak desa Lerep. Banyak anak-anak yang berminat berkunjung di Pojok Literasi, mereka sangat bahagia bisa menghabiskan waktunya untuk bermain dan membaca dan didampingi oleh tim KKN UNNES dan crew Pokdarwis Rukun Santoso. Ayo siapa yang berminat untuk datang ke desa Wisata Lerep jangan lupa berkunjung ke Pojok Literasi, dijamin akan mendapatkan ilmu dan moment yang berharga...





Komentar

  1. Sangat bagus....semoga tetap sukses ... desa wisata lerep...joooosssss nda...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Suksesnya Culture Fest "Kadeso Wayangan Lerep"

Lerep Juara lagi...di event Festival Desa Wisata dan Jambore Pokdarwis Tahun 2019.